Pesawat luar angkasa kepunyaan NASA menemukan adanya asteroid yang berpotensi membahayakan Bumi. Asteroid yang berukuran besar tersebut kabarnya tengah berada dalam perjalanan mendekati Planet Bumi.

Ilustrasi Asteroid 2013 YP139 (foto:Telegraph)
Ilustrasi Asteroid 2013 YP139 (foto:Telegraph)

Seperti yang dilansir dari Time, Pada Hari Jumat 10 Januari 2014, batu luar angkasa yang memiliki ukuran hampir hingga setengah mil itu bergerak menuju Planet Bumi. Asteroid besar ini memiliki kode nama ‘2013 YP139’.

Asteroid yang mengancam bumi ini memiliki ukuran 0,4 mil dan juga sangat gelap. Para Peneliti memprediksikan bahwa jarak terdekat asteroid tersebut bisa setara seperti jarak Bumi dengan bulan.

NASA pun sudah menetapkan bahwa ‘2013 YP139’ merupakan sebuah asteroid yang berpotensi membahayakan bumi. Badan antariksa Amerika Serikat tersebut menentukan tingkat potensi berbahaya yang dilihat berdasarkan ukuran dan juga jalur pergerakan benda luar angkasa itu yang mengarah menuju Bumi.

Asteroid berbahaya ini kabarnya masih berada pada jarak 27 juta mil dari Planet Bumi. Dan Asteroid tersebut kemungkinan bisa berada dalam posisi yang terdekat dari Bumi dalam kurun waktu 100 tahun dari sekarang. (chy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares