Ilustrasi Main Gadget Sebelum Tidur (foto:ganlob)
Ilustrasi Main Gadget Sebelum Tidur (foto:ganlob)

Siapa yang menyangka ternyata perkembangan teknologi yang semakin pesat dengan menjamurnya gadget sebagai kebutuhan ternyata memiliki sebuah dampak yang kurang baik. Gadget saat ini memang menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan untuk membantu kinerja manusia. Tetapi, ternyata gadget dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. Bagi Anda yang selalu berhubungan dengan gadget, bahkan saat tidur harus meletakannya berdekatan dengan Anda, maka sebaiknya waspadai akan hal tersebut.

Sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari University of Washington, mengatakan bahwa perangkat elektronik (terutama smartphone) dapat memberikan efek serius terhadap kualitas tidur seseorang. Tentu hal tersebut akan berdampak pada kinerja seseorang untuk keesokan harinya.

Berdasarkan penelitian tersebut, disarankan bagi seluruh pengguna smartphone untuk menonaktifkan serta menunda segala sesuatu yang bersangkutan dengan gadget tersebut ketika menjelang waktu tidur. Secara ilmiah, dijelaskan bahwa cahaya biru pada smartphone dapat menghambat produksi hormon melatonin pada tubuh manusia. Hormon ini sendiri berfungsi untuk memberikan rasa kantuk.

Penelitian ini telah dilakukan dua kali dimana yang pertama dilakukan terhadap 82 manajer, kemudian penelitian kedua dilakukan terhadap 161 karyawan. Seorang profesor yang turut serta dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa ternyata gadget yang memiliki peranan penting terhadap pekerjaan justru dapat menyebabkan seseorang untuk mengeluarkan biaya lebih untuk membeli obat tidur agar dapat tidur lebih cepat.

Dengan terganggunya kualitas tidur, maka dapat mempengaruhi kinerja saat berada di kantor yang tidak maksimal. Dari ulasan ini, dapat diambil kesimpulan bahwa ketika menjelang waktu tidur sebaiknya gadget dinonaktifkan agar kualitas tidur tetap terjaga. (chy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares